Aplikasi Gratis Untuk Android

Gambar

  1. App 2 SD (move app to SD)
    screenshot 01 | screenshot 02 | screenshot 03 | screenshot 04
    Hanya smartphone Android kelas atas saja yang memiliki fasilitas penyimpanan cukup besar. Sedangkan untuk kategori menengah ke bawah internal memory tidak cukup memadai apabila user ingin menginstal aplikasi-aplikasi yang sangat banyak tersedia di Google Play. Secara default instalasi akan menyimpan ke internal memory. Di sinilah bergunanya aplikasi sejenis App 2 SD. Dengan aplikasi ini kita dengan mudah dapat memindahkan/menginstal aplikasi ke SD Card memory.
    Alternatif: SDMove
  2. Tiny Flashlight + LED
    screenshot 01 | screenshot 02 | screenshot 03 | screenshot 04
    Butuh penerangan saat listrik padam atau keperluan mendadak lainnya? Aplikasi Tiny Flashlight dapat melakukannya. Tiny Flashlight tidak hanya dapat memanfaatkan led flash dari kamera pada ponsel tetapi juga dapat menggunakan layar sebagai media cahaya. Selain sebagai lampu senter, aplikasi ini juga dapat digunakan sebagai Warning Lights, Police Lights, Color Flashlight, Strobe Flashlight, Morse Code, Text to Morse, Manual Morse Code, dan Camera Light. Kita dapat mengubah brightness dan juga warna yang dipakai.
    Alternatif: Brightest Flashlight Free
  3. AutoKiller Memory Optimizer
    screenshot 01 | screenshot 02
    Bila Anda awam dalam penggunaan aplikasi memory manager, maka Aplikasi AutoKiller Memory Optimizer merupakan salah satu pilihan yang tepat untuk masalah optimalisasi memory perangkat Android. Kita cukup hanya memilih satu kali beberapa setting yang dirasakan sesuai, misalnya Moderate (gunakan apabila smartphone tidak banyak kendala selama digunakan), Optimum, sampai dengan pilihan Ultimate dan LOST. Selanjutnya secara otomatis aplikasi akan membersihkan memory sehingga penggunaan perangkat tetap optimal. Anda pernah mengalami aplikasi yang berjalan lambat, tersendat atau bahkan hang? Atau baterai cepat habis? Aplikasi inilah solusinya.
    Alternatif: Auto Memory Manager, ZDbox
  4. CamScanner
    screenshot 01 | screenshot 02 | screenshot 03 | screenshot 04
    Sulitnya apabila kita butuh scanning dokumen tetapi alat scanner tidak ada. Apabila Anda menggunakan smarphone Android maka hal ini tidak perlu dirisaukan lagi. Cukup instal aplikasi CamScanner, ambil gambar dari dokumen yang mau discan dengan menggunakan kamera. Aplikasi ini akan melakukan cropping secara otomatis, atau bisa juga kita melakukannya secara manual. Simpan dalam format PDF atau langsung kirim melalui email. Hasil pengenalan dokumennya sangat memuaskan. Tulisan dan gambar terlihat jelas seperti kalau kita menggunakan scanner warna.
    Alternatif: Handy Scanner
  5. History Eraser
    screenshot 01
    Salah satu tool terbaik untuk menghapus history atau riwayat kegiatan Anda pada smartphone Android. Cukup satu sentuhan, maka aplikasi ini akan menghapus data-data sejarah pada perangkat Android Anda. Adapun fitur-fiturnya: membersihkan history browser, membersihkan catatan atau sejarah panggilan, membersihkan pesan teks, membersihkan sejarah pencarian di Market Search, membersihkan riwayat pencarian pada Google Map, serta membersihkan riwayat-riwayat pada Gmail Search,  Clipboard Data, Youtube Search, Google Search, file-file cache aplikasi, Frequently Called.
    Alternatif: History Eraser (INFOLIFE LLC)
  6. Any.DO
    screenshot 01screenshot 02screenshot 03screenshot 04
    Aplikasi task manager terbaik yang pernah penulis pakai di Android. Sangat simpel dan mudah digunakan, bahkan bagi orang awam yang pertama kali mencobanya. Kita dapat memasukkan apa saja ke dalam daftar secara mudah.
    Alternatif: Astrid Task/To-do List
  7. Opera Mini
    Aplikasi Opera Mini tetap merupakan aplikasi browser wajib ada walau sudah memakai smartphone Android sekalipun. Hal ini karena Opera Mini sudah sejak lama terkenal karena kompresi datanya cukup mumpuni untuk menekan beban biaya internet tanpa mengurangi pengalaman menyenangkan seperti saat memakai browser canggih lainnya. Inilah browser paling favorit untuk para fakir bandwidth.
    Alternatif: Dolphin Browser Mini
  8. X-Plore File Manager
    screenshot 01 | screenshot 02 | screenshot 03 | screenshot 04
    Mungkin sebagian besar pengguna smartphone Android sudah cukup puas dengan file manager bawaan sistem operasi. Tetapi ada beberapa kegiatan yang tidak dapat kita lakukan pada aplikasi bawaan tersebut. Untuk inilah aplikasi X-Plore menjadi favorit bagi mereka yang ingin lebih dapat melakukan berbagai kegiatan seputar pengaturan file. Fitur-fitur unggulannya antara lain: Dual-pane tree view (kita dapat membagi layar menjadi dua bagian, sehingga mempermudah saat kita mengatur atau menyalin, memindahkan file dari satu folder ke folder lainnya), dapat mengakses Root (awas! hati-hati karena ini dapat menghilangkan garansi perangkat), dapat mengakses folder FTP, SMB, Sqlite, Picasa, membuka file Zip dan Rar layaknya sebuah folder, mendukung akses ke penyimpan awan seperti: Google Drive™, Dropbox, SugarSync, Box.net, SkyDrive, Webdav, Yandex.disk, dapat menandai Favorite folders sehingga mudah saat mengaksesnya kembali, built-in viewers untuk images, video, audio, text sehingga kita tidak perlu menutup membuka aplikasi lain untuk melihat file-file tersebut, dapat melihat file jenis Hex, dapat dipakai sebagai image viewer yang cepat dan memiliki fitur zoom, slide, dan navigasi lainnya, saat mengakses folder yang terdapat file image maka image dapat ditampilkan berupa thumbnail (gambar kecil) dan juga mendukung thumbnail untuk beberapa jenis file lainnya seperti video dan teks, dapat melakukan multi-selection (memilih banyak file), dapat melihat/membuka file APK (file standard untuk aplikasi Android) sama seperti membuka file zip, dapat berbagi dan mengirim file melalui bluetooth, email, atau fitur perangkat lainnya, tombol dan shorcut key dapat dicustomize.
    Alternatif: ES File Explorer File Manager
  9. avast! Mobile Security
    screenshot 01 | screenshot 02 | screenshot03 | screenshot 04
    Perangkat smartphone dengan sistem operasi tidak luput dari masalah keamanan. Baik mengenai virus, malware, sampai dengan trojan dan permasalahan intrusion lainnya. Dengan dukungan performa dan developer yang sudah diakui dunia, aplikasi avast! Mobile Security merupakan aplikasi wajib ada di smartphone Android. Seperti yang penulis sudah rasakan sendiri aplikasi ini sudah lebih dari cukup. Cepat, mendalam, dan ringan. Selain sebagai anti virus, juga dapat melakukan filterisasi sms dan panggilan, anti maling, informasi perangkat, web shield, dan firewall.
    Alternatif: Lookout Security & Antivirus
  10. KeePassDroid
    screenshot 01 | screenshot 02
    Apabila Anda punya banyak account di internet dan butuh aplikasi untuk menyimpan login beserta password account Anda maka aplikasi KeePassDroid merupakan pilihan yang tepat. Aplikasi ini merupakan versi Android dari aplikasi KeePass yang ada di PC Desktop yang sejak lama sudah diakui keunggulannya.
    Alternatif: Keeper Password & Data Vault
  11. Kingsoft Office
    screenshot 01 | screenshot 02 | screenshot 03 | screenshot 04
    Ingin alternatif untuk Google Docs? Ingin mengedit dokumen office secara offline? Kingsoft Office pilihannya. Dengan dukungan fitur-fitur terbaik yang biasanya hanya terdapat pada aplikasi office profesional berbayar, aplikasi ini dapat menggantikan peran PC sebagai editor saat kita sedang mobile, tidak hanya sekedar viewer. Hampir semua tipe dokumen (mendukung 23 tipe file) bisa dibuka dan diedit, seperti doc/docx/txt/xls/xlsx/ppt/pptx/pdf. Sayangnya saat ini belum bisa membuka dan mengedit file format open dokumen .odt, .ods, dan lainnya. Selain itu kita juga bisa langsung menyimpan file ke penyimpan awan seperti Google Drive, Dropbox, dan sejenisnya.
    Alternatif: Documents To Go 3.0 Main App
  12. WhatsApp Messenger
    screenshot 01 | screenshot 02 | screenshot 03 | screenshot 04
    Aplikasi yang juga sering dijuluki sebagai BBM Killer ini memiliki segudang keunggulan dibanding aplikasi messenger sejenis. Kita dapat mengirim atau menerima pesan teks, audio, video, atau gambar. Penggunaan nomor ponsel sebagai ID membuat aplikasi ini lebih fleksibel dan tak terbatas pada kelompok pemakai gadget tertentu. Kita dapat saling berinteraksi dengan teman yang berbeda platform gagdetnya. Mulai dari perangkat Android, Blackberry, iPhone, Windows Phone, sampai Nokia bisa saling berhubungan. Fitur push notifikasi juga sudah ada, bahkan apabila hape terputus koneksinya maka notifikasi tidak akan hilang. Layaknya notifikasi sms apabila sinyal terhubung maka secara otomatis notifikasi akan masuk.
    Alternatif: ChatON
  13. Skype
    screenshot 01 | screenshot 02 | screenshot 03 | screenshot 04
    Salah satu aplikasi terbaik di PC Desktop hadir di lingkungan Android. Aplikasi Skype sudah menjadi standar untuk pemakaian video calls. Selain itu kita juga dapat melakukan voice calls dan seperti messenger biasa. Cara setting dan penggunaannya tetap sama seperti di PC. Simpel dan mudah digunakan. Namun syaratnya koneksi internet juga harus cukup baik agar video yang diterima bagus dan tidak tersendat. Untungnya Skype juga mendukung WiFi sehingga menambah pilihan untuk konektifitasnya.
    Alternatif: LINE, Tango Video Calls
  14. imo instant messenger
    screenshot 01 | screenshot 02 | screenshot 03 | screenshot 04
    Apa yang menjadi kelebihan imo instant messenger adalah mengintegrasikan semua jaringan instant messenger ke dalam satu aplikasi. Tentunya hal ini menguntungkan user karena kita tidak perlu menjalankan masing-masing aplikasi IM untuk masing-masing account kita satu per satu yang akan mengakibatkan borosnya memory dan bahkan mengganggu stabilitas perangkat karena kelebihan beban. Aplikasi ini mendukung IM jaringan MSN, Facebook, Skype, Yahoo!, Google Talk, AIM/ICQ, Jabber, MySpace, Hyves, VKontakte, Steam, dan imo sendiri.
    Alternatif: mig33, eBuddy Messenger, IM+
  15. Pixlr-o-matic
    screenshot 01 | screenshot 02 | screenshot 03 | screenshot 04
    Tidak semua kamera pada smartphone Android memiliki fitur editor photo yang cukup baik. Bahkan kebanyakan hanya berfungsi ala kadarnya dan standar sebagai penangkap gambar. Dengan aplikasi tambahan seperti Pixlr-o-matic photo yang tadinya biasa saja atau terkesan jelek bisa menjadi bagus dan artistik. Orang awam pun bisa memproduksi photo yang sangat indah dengan aplikasi sejenis ini. Pixlr-o-matic sendiri sudah ada sejak lama dan diakui sebagai salah satu aplikasi filter photo terbaik. Ada jutaan kemungkinan dari perpaduan filter dapat menghasilkan photo sekelas photographer profesional.
    Alternatif: FxCamera
  16. MX Player
    screenshot 01 | screenshot 02
    Salah satu kegiatan yang menyenangkan dengan smartphone Android adalah menonton film. Aplikasi MX Player merupakan salah satu player untuk film yang cukup baik. Mendukung hampir semua format video film dan juga sudah support subtitle. Selain dapat menjalakan file local juga dapat menjalankan film streaming online secara mulus dengan kualitas gambar terbaik.
    Alternatif: Easy Video Player, VLC Direct Pro Free
  17. doubleTwist Player
    screenshot 01 | screenshot 02 | screenshot 03 | screenshot 04
    Apa yang menjadikan doubleTwist Player lebih baik dari player music yang lain adalah fitur yang sangat lengkap dibalut dengan tatap muka yang matang layaknya sebuah player profesional berbayar dan diberikan secara gratis. Kita dapat dengan mudah memindahkan, mengatur daftar, memasukkan channel radio favorit, sampai dengan mensinkronisasikan perangkat dengan iTunes secara simpel dan cepat. Menyenangkan dan tidak membosankan.
    Alternatif: Winamp
  18. Dropbox
    screenshot 01 | screenshot 02 | screenshot 03 | screenshot 04
    Smartphone dengan sistem operasi awan (cloud) tetapi tidak punya sistem penyimpanan awan? Hmmm… Baiklah, paling tidak dari vendor Google sudah menyediakan Google Drive sebagai media utama. Kalau belum puas, maka Dropbox dapat menjadi alternatif lainnya yang paling banyak direkomendasikan. Belum tahu apa itu cloud storage? Ini adalah tempat penyimpanan file secara online. Jadi kita dapat menyimpan beragam file untuk disimpan ke sebuah penyedia server penyimpanan dan kemudian file tersebut dapat kita akses dan gunakan darimana saja, perangkat apa saja, kapan saja, asalkan terhubung dengan internet.
  19. HowStuffWorks
    screenshot 01 | screenshot 02 | screenshot 03 | screenshot 04
    Situs HowStuffWorks.com sejak dahulu sudah dikenal sebagai sumber pelajaran mengenai segala sesuatu. Berbeda dengan situs sejenis wikipedia yang hanya menyediakan data statis, maka situs HowStuffWorks.com lebih hidup dan dinamis karena berisikan berbagai tutorial, fakta, berita, atau apa saja dalam beragam bentuk. Mulai halaman text, bergambar, video, sampai media interaktif. Prinsipnya, siapa saja yang mau tahu apa, bagaimana, dimana atau sederet kata tanya lainnya mengenai sesuatu maka situs HowStuffWorks.com adalah jawabannya. Saya sendiri belajar bidang IT banyak sekali terbantukan oleh beragam info disana. Dan sekarang untuk memudahkan user, situs ini membuat aplikasi versi Android untuk lebih memudahkan user dalam pencarian dan beraktifitas. Check It Out! :)
  20. Download All Files
    screenshot 01 | screenshot 02 | screenshot 03
    Sebagian dari kita psti pernah mengalami suatu saat ketika mendownload sebuah file ternyata file tersebut tidak dapat didownload dikarenakan jenis file tidak didukung oleh perangkat. Hal ini dapat kita atasi dengan aplikasi Download All Files. Semua jenis file dapat kita download secara bebas dan dapat pula disimpan ke media SD Card. Aplikasi akan terintegrasi secara langsung ke aplikasi browser yang kita pakai dan otomatis akan aktif saat kita mendownload suatu file.
    Alternatif: Easy Downloader, Download Manager for Android

Masih banyak aplikasi penting lainnya yang ada di Google Play yang dapat membuat smartphone Android kita lebih berdaya guna dan lebih optimal penggunaannya. Tetapi untuk saat ini penulis hanya mencoba memilihkan 20 aplikasi yang menurut penulis paling penting. Terlepas dari itu ini hanya sebuah opini dan selera saja. Masing-masing orang memiliki pilihannya sendiri sesuai dengan kebutuhan masing-masing… Salam …

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s